PERANGKAT KBM TAHUN 2018/2019

Perangkat Kegiatan Belajar Mengajar atau biasa disingkat Perangkat KBM, merupakan pegangan yang harus dimiliki setiap guru, sebagai bahan, alat, media petunjuk dan pedoman yang digunakan dalam proses pembelajaran baik di tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, yang bertujuan untuk memenuhi sebuah keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran. Adapun perangkat KBM tentunya ada beberapa hal yang harus kita penuhi diantaranya adalah:

KAFER KBM
Kafer KBM adalah awal untuk membuat sebuah perangkat pembelajaran sebelum dijadikan satu menjadi sebuah Perangkat KBM, tentunya harus ada Kafer agar Perangkat KBM yang kita buat bisa terlihat Indah dan Jelas. Contoh Kafer KBM BLOG PRAKARYA INDRAMAYU sudah menyiapkan silahkan Download Kafer KBM.
Download : Kafer

LEMBAR PENGESAHAN
Merupakan administrasi pembuka dari rangkaian kegiatan perangkat KBM yang kita buat. Contoh Lembar Pengesahan BLOG PRAKARYA INDRAMAYU

KALENDER PENDIDIKAN
Kalender Pendidikan merupakan kalender pengaturan waktu kegiatan pembelajaran bagi peserta didik selama satu tahun penuh yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan libur.

PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
Jumlah minggu dalam semester/tahun pelajaran

PERHITUNGAN MINGGU EFFEKTIF
Kalkulasi minggu efektif dan tdak efektif selama setahun. Selain menghitung minggu, lembaran ini berisi SK dan KD yang harus dicapai siswa selama satu semester.

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PROGRAM SEMESTER
Berisi paparan KD selama satu semester. Di dalamnya berisi kolom-kolom yang menjadi perencanaan pelajaran selama satu semester.
Download : Program Semester

PROGRAM TAHUNAN
Berisi paparan KD selama satu semester. Di dalamnya berisi kolom-kolom yang menjadi perencanaan pelajaran selama satu tahun.
Download : Program Tahunan

ANALISIS KETERKAITAN SKL KI KD

SILABUS
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat identitas pelajaran, identitas sekolah, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok,nilai karakter, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Download : Silabus

RPP
Dua landasan hukum yang mengatur tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Download : RPP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERANGKAT KBM TAHUN 2018/2019"

Post a Comment