Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Bismillah

Sahabat baiq yang berbahagia. Selain mengajar, seorang guru dituntut harus pandai membuat program pembelajaran dalam bentuk administrasi mengajar atau perangkat mengajar. Administrasi mengajar merupakan salah satu acuan bagi seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran nantinya. Memang kadang bagi sebagian guru atau sebagian besar bahkan, membuat administrasi mengajar/perangkat pembelajaran merupakan salah satu beban tahunan yang kadangkala sangat berat untuk dikerjakan. Hal ini bisa jadi disebabkan karena memang tuntutan administrasi bagi seorang guru sangat luar biasa. Namun apa hendak dikata itulah pilihan profesi. Jadi, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, hal tersebut tetap harus dikerjakan dengan sukacita, sukaria, bahagia, dan bergembira, sebagai salah satu wujud dari seorang guru profesional.



OK, tidak usah berlama-lama lagi, jika anda seorang guru Bahasa Sunda SMP/MTs kelas 9 (sembilan) yang sedang melakukan pencarian Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013, maka proses pencarian anda bisa dihentikan pada blog ini.
Berikut ini adalah cuplikan RPP Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2, sebagai gambaran perangkat pembelajaran yang akan anda download.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP........................
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester : IX/1
Materi Pokok : Biantara
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (4 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,  gotong royong, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami dan mengidentifikasi teks biantara dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan aspek  kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.1.1 Mengidentifikasi struktur teks biantara.
3.1.2 Menyimpulkan isi teks biantara.
3.1.3 Mengidentifikasi fungsi sosial biantara dengan komprehensif.
3.1.4 Mengidentifikasi Sora Suprasegmental.

4.1 Menyajikan teks biantara dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
4.1.1 Menyusun teks biantara.
4.1.2 Mendemonstrasikan biantara dengan memperhatikan ekspresi dan lagu kalimat (lentong) yang baik.
4.1.3 Menanggapi peragaan biantara sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

Nilai Karakter: 
Gotong Royong, Rasa Ingin Tahu, Peduli Sosial, Integritas, Bersahabat, Toleransi, Cinta Tanah Air, Gemar Membaca

C. Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab, secara bergotong royong dan berintegritas, peserta didik dapat:
  1. mengidentifikasi struktur teks biantara dengan benar;
  2. menyimpulkan isi teks biantara dengan tepat; dan
  3. mengidentifikasi fungsi sosial biantara dengan komprehensif.
Pertemuan Kedua
Melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab, secara berintegritas dan penuh semangat, peserta didik dapat mengidentifikasi sora supras�gm�ntaldalam kegiatan berbicara dengan benar.

Pertemuan Ketiga
Melalui unjuk kerja, secara berintegritas dan penuh semangat, peserta didik dapat menyusun teks biantara dengan kreatif;

Pertemuan Keempat
Melalui penugasan dan unjuk kerja, peserta didik dapat:
  1. mendemonstrasikan biantara dengan memperhatikan ekspresi dan lagu kalimat (lentong) yang baik; dan
  2. menanggapi peragaan biantara sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

Dan untuk mendapatkan Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 secara lebih lengkapnya, silahkan bisa di download melalui link di bawah ini:
Download Silabus [ DISINI ]
Download RPP 1 [ DISINI ]
Download RPP 2 [ DISINI ]
Download RPP 3 [ DISINI ]
Download RPP 4 [ DISINI ]
Download RPP 5 [ DISINI ]
Download SKL [ DISINI ]
Download KI & KD [ DISINI ]
Download Program Tahunan [ DISINI ]
Download Program semester  [ DISINI ]

Demikian postingan kali ini, yaitu tentang Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat.
_____________________________________________________________
Baca juga :
_____________________________________________________________



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013"

Post a Comment