PENYUSUNAN SOAL HOTS

Pada kesempatan ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU, ingin berbagi tentang bagaimana penyusunan soal hots, kalimat hots mungkin sering kita dengar sebagai seorang guru, namun demikian, banyak juga guru yang belum paham masalah pembikinan soal yang hots tersebut, dan tadi pagi tepatnya pukul 08.30 Tanggal 15 Nopember 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu mengadakan �SEMINAR PENYUSUNAN SOAL HOTSBAGI PARA MGMP SE KABUPATEN INDRAMAYU� bekerja sama dengan penerbit Erlangga sekaligus pembagian SK Pengurus MGMP Semua Mata Pelajaran, dan kebetulan saya pribadi salah satu Pengurus MGMP Kabupaten dalam jabatan Sekretaris pada mata pelajaran Prakarya, oleh karena itu demi suksesnya pendidikan di negeri yang kita cintai ini (Indonesia), maka penulis berbagi file apa yang penulis dapatkan ketika seminar penyusunan soal hots tersebut.




Soal Hots sebenarnya sudah dikembangkan oleh Taksonomi Bloom yang versi orsinal diantaranya adalah : Pengetahuan (Knowledge) Pemahaman (Comprehension), aplikasi, Analisis, Sintesis, Evaluasi. Dari Taksonomi Bloom kemudian di modifikasi menjadi : Mengingat (to remember), Memahami (to comprehend), Mengaplikasikan (to apply) Menganalisis (to analyze), Mengevaluasi (to evaluate), Mencipta (to create) dan versi yang dimodifikasi dari Taksonomi Bloom inilah yang tergolong kedalam HOTS.

ADAPUN TRIK DAN TIPS DALAM PEMBUATAN SOAL HOTS ANTARA LAIN :
Jangan membuat soal yang �Langsung�
Sajikan Stimulus di dalam setiap soal
Kembangkan Stem Soal Pada Level yang di inginkan dengan cara mengajak beberapa tahap berfikir sebelum menentukan jawaban
Sesuaikan dengan perkembangan kognitif berdasarkan usia/level kelas

TRIKS STIMULUS SOAL DAN LEVEL KOGNITIF BEBERAPA STIMULUS YANG LAZIM DI GUNAKAN
Dengan diberikan beberapa .....
1.  Siswa  mampu mengidentifikasi/ menentukan/ mengelompokkan ........
2.  Siswa mampu menyimpulkan ......
3.  Siswa mampu mengurutkan (proses) ......

BEBERAPA STIMULUS YANG LAZIM DI GUNAKAN
Dengan diberikan Narasi / kasus ............
1.  Siswa mampu menyimpulkan........
2.  Siswa mampu memperkirakan/memprediksi
3.  Siswa mampu menghitung ......
4.  Siswa mampu memberi alasan
5.  Siswa mampu memecahkan.......
6.  Siswa mampu memberi saran
7.  Siswa mampu Menentukan sikap
8.  Siswa mampu merancang/membuat ..........

Dengan Diberikan tabel .....
1.  Siswa mampu membandingkan...........
2.  Siswa mampu menghubungkan ...........
3.  Siswa mampu menentukan perbedaan/persamaan

Dengan diberi gambar/skema/grafik  .....
1.  Siswa mampu menyimpulkan ............
2.  Siswa mampu menjelaskan proses ......
3.  Siswa mampu Menentukan nama  ....
4.  Siswa mampu Menentukan fungsi .....
5.  Siswa mampu mengidentifikasi ciri ...........
6.  Siswa mampu merumuskan persamaan/perbedaaan .............
7.  Siswa mampu memberi alasan
8.  Siswa mampu memprediksi

Untuk lebih jelasnya bagi rekan-rekan yang membutuhkan file tentang cara-cara pembikinan soal Hots silahkan download link di bawah ini, semoga bermanfaat...aammiinn.....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYUSUNAN SOAL HOTS"

Post a Comment