Manual GLS Literasi Berimbang

Websiteedukasi.com - Seri Manual GLS Literasi Berimbang. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah disambut baik oleh sekolah di seluruh Indonesia. GLS telah terintegrasi baik dengan program implementasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan program-program Kemendikbud lainnya.

Literasi Berimbang merupakan pendekatan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan memahami dan menghasilkan informasi. Istilah �berimbang� mengacu pada pandangan bahwa siswa belajar menjadi pembaca yang memerlukan berbagai kesempatan berbeda untuk belajar. Keseimbangan diperoleh melalui gabungan berbagai strategi pembelajaran dengan tujuan menghasilkan pembelajar yang kompeten dan literat.

Kelompok kegiatan membaca memberikan waktu bagi siswa untuk membaca, dengan bimbingan guru/pendamping yang juga cinta membaca, mempunyai kesempatan untuk berbicara dan menulis tentang teks yang dibaca, dan mendapatkan bimbingan eksplisit tentang keterampilan dan strategi untuk menjadi pembaca yang baik.


Dalam literasi berimbang, guru diharapkan menyediakan waktu untuk membacakan cerita/buku beberapa kali dalam seminggu. Tak kalah pentingnya adalah kesempatan untuk membaca berbagai jenis teks terkait dengan bidang studi dan bagaimana mengembangkan strategi pemahaman berbagai teks tersebut.

Secara singkat, literasi berimbang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Mengembangkan kompetensi semua siswa dengan memanfaatkan berbagai bahan ajar, sarana, dan strategi.
  2. Menekankan perkembangan bahasa lisan, kemampuan berpikir dan berkolaborasi sebagai dasar pembelajaran literasi.
  3. Menggunakan asesmen formatif sebagai panduan pembelajaran dan untuk menentukan tingkat dukungan yang perlu diberikan kepada siswa.
  4. Memberikan instruksi yang eksplisit untuk keterampilan memecahkan masalah dan berpikir strategis.
  5. Memberikan waktu khusus tanpa interupsi untuk pembelajaran literasi.
  6. Memenuhi kebutuhan pembelajaran dan literasi secara individu.

Berikut ini link download Buku Seri Manual GLS Literasi Berimbang:

Seri Manual GLS Literasi Berimbang.pdf, Unduh

Demikian kami informasikan Seri Manual GLS, Literasi Berimbang. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manual GLS Literasi Berimbang"

Post a Comment