49 Masalah Dan Solusi Dapodik Versi 2020
Kherysuryawan.id - TANYA JAWAB SEPUTAR DAPODIK VERSI 2020
................................................................................................................
Postingan kali ini akan membahas mengenai pekerjaan yang ada hubungannya dengan operator dapodik sekolah. Bagi anda yang merasa memiliki tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah dan sedang galau karena benyaknya permasalahan yang sedang anda alami khususnya dalam mengerjakan aplikasi dapodikdasmen versi terbaru yang saat ini di gunakan maka melalui postingan ini anda dapat memiliki solusi dari masalah yang anda alami tersebut.
Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pada tahun pelajaran 2019/2020 aplikasi dapodik yang di gunakan oleh sekolah baik jenjang SD,SMP,SMA maupun SMK yaitu menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Dengan rilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, maka tentunya aka nada saja tantangan atau kesulitan yang akan di hadapi oleh setiap operator dapodik sekolah dalam menjalankan dan melakukan pengisian di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang saat ini di gunakan dan melalui Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 ini terdapat beberapa perubahan serta pembaharuan yang terjadi dari aplikasi dapodik versi sebelumnya.
Meskipun demikian apabila kita telah terbiasa melakukan penginputan pada aplikasi dapodik maka tentunya kita tidak akan kesulitan dalam menjalankan aplikasi dapodik versi 2020 tersebut.
Bagi anda yang telah menginstal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 namun belum memiliki alur atau penduan dalam mengerjakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020, maka pada kesempatan ini saya menganjurkan kepada anda untuk bisa membaca secara baik panduan dari penggunaan aplikasi dapodik versi 2020 sehingga ketika anda menghadai permasalahan seputar dapodik versi 2020 maka setidaknya anda dapat menemukan jawabannya pada buku panduan penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tersebut.
Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 terdapat beberapa pembaharuan yang perlu anda ketahui agar ketika anda membuaka Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maka anda dapat memahami apa-apa saja yang menjadi pembeda antara aplikasi dapodik versi sebelumnya dengan aplkasi dapodik versi 2020 saat ini.
Baiklah berikut ini saya tampilkan jenis � jenis pembaharuan yang terdapat pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 :
1. [Pembaruan] Perubahan metode perhitungan pada kondisi Ruang dan Bangunan
2. [Pembaruan] Perubahan alur manajemen akses pengguna
3. [Pembaruan] Perubahan metode sekuriti pada password
4. [Pembaruan] Perubahan alur penginputan sanitasi
5. [Pembaruan] Pemutahiran validasi pada saat sebelum sinkronisasi
6. [Pembaruan] Penambahan atribut jarak ke sumber listrik terdekat jika sumber listrik memilih Tidak Ada pada tabulasi Data Periodik Sekolah
7. [Pembaruan] Penambahan atribut No KK pada peserta didik
8. [Pembaruan] Penambahan atribut No KK dan NUKS pada GTK
9. [Pembaruan] Penambahan atribut lingkar kepala pada data periodik peserta didik
10. [Pembaruan] Pemecahan formulir sarpras menjadi 3 bagian`
11. [Pembaruan] Penambahan sub menu Tanah dan Bangunan
12. [Pembaruan] Penambahan sub menu Ruang
13. [Pembaruan] Penambahan sub menu Alat, Angkutan dan Buku
14. [Pembaruan] Penambahan tabulasi Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah
15. [Pembaruan] Penambahan tampilan baris berwarna jingga jika pada Menu Alat sarana tidak sesuai dengan Standar Sarpras yang berlaku
16. [Pembaruan] Penambahan pengisian NJOP setiap Tahun Ajaran baru pada Menu Tanah
17. [Pembaruan] Penambahan fitur tampilan grouping berdasarkan jenis prasarana pada Menu Ruang dan Alat
18. [Pembaruan] Penambahan fitur Tampilkan dan Sembunyikan pada Menu Ruang dan Menu Alat untuk mempermudah pengisian Operator Sekolah
19. [Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor pada Menu GTK
20. [Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor dan Kesejahteraan pada Menu Peserta Didik
21. Integrasi hasil output PPDB untuk siswa baru ke dalam database dapodik
22. Kelulusan bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13
23. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK
24. Penambahan Tabel Kesejahteraan_PD dan migrasi data KIP, KPS, PKH
25. Penambahan referensi mata pelajaran informatika dan penentuan sekolah yang melaksanakan pelajaran tersebut
26. Penyesuaian Jumlah Jam Mengajar max pada struktur Kurikulum SLB
27. Perubahan bisnis proses penambahan jurusan/ kompetensi keahlian oleh SMK
Dari beberapa pembaharuan yang terdapat pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tersebut maka seringlah timbul pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan adanya pembeharuan tersebut sehingga terkadang banyak operator sekolah yang terkendala dengan proses pengerjaan aplikasi dapodik 2020.
Dalam setiap permasalahan khususnya masalah yang sering terjadi dan sering di alami oleh operator dapodik sekolah khususnya yang berhubungan dengan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tentunya ada solusi dari setiap permasalahan tersebut.
Pada postingan kali ini saya akan memberikan sekaligus membagikan beberapa jenis pertanyaan dan solusi yang ada hubunggannya dengan penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Beberapa pertanyaan dan solusi yang akan di jabarkan pada postingan ini yang berhubungan dengan pertanyaan seputar Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 yaitu memiliki 49 jenis pertanyaan beserta solusinya baik yang berhubungan dengan adanya pembaharuan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maupun pertanyaan umum yang sering menjadi permasalahan bagi setiap operator dapodik sekolah yang mengalami kendala dalam mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Baiklah berikut ini 49 jenis pertanyaan/Permasalahan dan solusinya yang berupa tanya jawab masalah dapodik versi 2020 :
[PEMBARUAN] PERUBAHAN METODE PERHITUNGAN PADA KONDISI RUANG DAN BANGUNAN
1.Komponen kerusakan seperti apa yang melekat pada bangunan dan ruangan?
Untuk dapat melihat kerusakan apa saja yang melekat pada bangunan dan ruangan dapat dicek melalui tombol kondisi ruang. Terdapat perbedaan antara bangunan dan ruang. Pastikan memahami cara perhitungan komponen tersebut
2. Bagaimana alur penambahan tanah, bangunan dan ruang ?
Dalam proses pengisian tanah bangunan dan ruang, pertama kali yang harus dimasukan adalah data tanah. Pastikan mengisikan data tanah dengan lengkap beserta nomor sertifikat tanahnya. Setelah data tanah tersimpan, lakukan penambahan banguan apa saja yang berdiri diatas tanah yang dibuatkan. Setelah data banguan dibuat maka langkah selanjutnya menambahkan ruangan apa saja yang ada dalam bangunan tersebut.
[PEMBARUAN] PERUBAHAN ALUR MANAJEMEN AKSES PENGGUNA
3. Bagaimana cara menambah/ mengubah password PTK
Cara mengubah password pertama kali ketika login aplikasi dapodik versi 2020. Akan diminta perubahan password untuk memastikan aktifasi setiap akun yang terdaftar dengan peran pengguna operator sekolah. Adapun manajemen pengguna selanjutnya dapat dilakukan melalui menu pengaturan pilih manajemen pengguna
[PEMBARUAN] PEMUTAHIRAN VALIDASI PADA SAAT SEBELUM SINKRONISASI
4. Apa pengaruhnya jika di validasi lokal berwarna merah dengan keterangan invalid?
Validasi papaun terkait dengan warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Proses sinkronisasi pada aplikasi dapodik hanya dapat dilakukan jika semua data sudah valid, dan tidak ada lagi data yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda warning pada validasi baik lokal maupun pusat masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.
5. Apa pengaruhnya jika di validasi lokal berwarna kuning dengan keterangan warning?
Validasi dengan warna kuning berarti warning, cukup menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid. Pastikan data semua valid dan dapat dipertanggungjawabkan kualitas serta kebenaran datanya
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT JARAK KE SUMBER LISTRIK TERDEKAT JIKA SUMBER LISTRIK MEMILIH TIDAK ADA PADA TABULASI DATA PERIODIK SEKOLAH
6. Jika sekolah tidak memiliki listrik, apa yang harus diisi di kolom sumber listrik?
Data rincian sekolah terkait dengan sumber listrik menjadi kewajiban untuk diisi jika sekolah tidak memiliki sumber listrik pastikan memilih �Tidak Ada�. untuk pilihan lainnya jika sumber listrik yang tersedia tidak tercantum dalam pilihan tersebut
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT NO KK PADA PESERTA DIDIK
7. Jika peserta didik belum memiliki KK, apa pengaruh nya di dapodik ?
Peserta didik yang belum memiliki KK atau belum mengisikan nomor KK ke dalam aplikasi dapodik 2020 maka masih berstatus warning.
8. Apakah wajib mengisi KK
Belum menjadi kewajiban, namun disarankan untuk melengkapi data isian peserta didik dengan selengkap-lengkapnya
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT LINGKAR KEPALA PADA DATA PERIODIK PESERTA DIDIK
9. Apa maksud pengisian data lingkar kepala pada tabel data periodik siswa ?
sebagai data untuk mengetahui tumbuh kembang anak dan memetakan permasalah/ isu stunting
10. Jika siswa belum mengisikan data lingkar kepala, apa dampak nya di dapodik ?
Dapat dilengkapi selanjutnya. Masih belum di lakukan validasi kelengkapan
[PEMBARUAN] PEMECAHAN FORMULIR SARPRAS MENJADI 3 BAGIAN
11. Apa saja pemisahan data di prasarana?
Aplikasi dapodik versi 2020 pembuatan sarpras diharuskan memiliki induknya seperti pada saat akan membuat Bangunan maka sekolah diwajibkan untuk membuat terlebih dahulu Tanah, begitu pula untuk pembuatan ruang sekolah diharuskan membuat terlebih dahulu Bangunan. Maka sekolah membuat tanah sesuai dengan dokumen kepemilikan tanah, jika sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunya 2 (dua) dokumen maka pembuatan tanah pada aplikasi dapodik harus 2 (record).
12. Apa saja pemisahan data di tabel sarana ?
Untuk tabel sarana tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya, untuk sarana mewajibkan untuk dibuatkan pada setiap keberadaan alat pada ruang.
13. Isian record tanah berdasarkan apa ?
Status dokumen tanah (sertifikat), Contohnya sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunyai 3 dokumen (sertifikat) maka sekolah mengharuskan pembuatan tanah 3 record tanah pada aplikasi dapodik.
14. Ada data dummy tanah dengan nama tanah sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?
Data dummy tanah dengan nama sekolah dimaksud dalam untuk memudahkan menambahkan bangunan yang terdapat dalam tanah tersebut.
15. Ada data dummy bangunan dengan nama bangunan sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?
Data dummy bangunan dengan nama sekolah dimaksud adalah untuk memudahkan menambahkan ruangan yang terdapat dalam banguan tersebut.
16. Bagaimana cara memperbaiki tanah / bangunan dummy tersebut?
Klik 2x pada isian tersebut, data dummy bisa dirubah dan bisa menyesuaikan dengan kondisi di sekolahnya masing-masing. Untuk berpindah ke kolom selanjutnya bisa menggunakan tombol tab. Pastikan mengisi dengan data yang sesuai pada berkas yang dimiliki.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU TANAH DAN BANGUNAN
17. Apa saja isian pada sub menu tanah ?
Berbagai isian pada sub menu tanah adalah penambahan tanah, dalam hal ini tanah dimaksud adalah luas tanah tersebut, lahan kosong, lapangan. Setiap jenis tersebut jika ada, disarankan untuk melengkapi setiap atributnya. Isian lain terkait NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) pun harus dilengkapi. Menu lainnya adalah apakah tanah tersebut dihasilkan dari blogrant ? jika iya silakan melakukan pemetaan tanah tersebut terhadap blogrant pada menu aksi.
18. Apa saja isian pada sub menu bangunan ?
Berbagai isian pada sub menu bagunan adalah penambahan bangunan, bangunan tempat ibadah, kebun, taman, tempat bermain. Setiap jenis tersebut jika ada, diharuskan sekolah untuk melengkapi datanya seperti kondisi kerusakan bangunan. Menu lainnya adalah bangunan tersebut dihasikan dari blogrant? Jika ya silahkan melakukan pemetaan bangunan terdadap blogrant pada menu dihasilkan dari blogrant.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU RUANG
19. Apa saja isian pada sub menu ruang?
Ruang di aplikasi versi 2020 di bagi menjadi beberapa jenis ruang yaitu ruang kelas, ruang kepsek/guru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang bengkel/praktek dan ruang penunjang. Setiap ruang diharuskan mengisikan kondisi kerusakan sesuai dengan kerusakan ruangan masing- masing.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU ALAT, ANGKUTAN DAN BUKU
20. Apa yang di maksud dengan buku teks ?
Buku teks adalah buku referensi yang dijadikan acuan sebagai proses pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah disahkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud.
21. Apa yang di maksud dengan buku non teks?
Buku non teks adalah katalog buku yang bersifat pengayaan/ memperkuat materi kurikulum K13 yang diajarkan dalam buku teks
22. Apa yang di maksud dengan angkutan ?
Angkutan adalah kendaraan yang dimiliki oleh sekolah baik di darat maupun di air terdiri dari:
sepeda, motor, mobil, perahu
23. Apa yang di maksud dengan alat ?
Alat adalah segala sarana yang dimiliki oleh sekolah
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABULASI PENDIDIKAN KELUARGA PADA DATA RINCI SEKOLAH
24. Apa yang di maksud dengan Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah ?
Pendidikan keluarga adalah kelas tambahan yang diselenggarakan oleh sekolah untuk melibatkan keluarga dalam tanggungjawab mendidik anak secara bersama-sama dengan sekolah, terdiri dari kelas inspirasi dan kelas parenting
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TAMPILAN BARIS BERWARNA JINGGA JIKA PADA MENU ALAT SARANA TIDAK SESUAI DENGAN STANDAR SARPRAS YANG BERLAKU
25. Bagaimana cara memperbaiki Penambahan tampilan baris berwarna jingga ?
Isikan jumlah yang sesuai atau abaikan jika memang tidak memiliki sarana tersebut, hal ini sebagai sarana edukasi ke sekolah antara data dan standar
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR PADA MENU GTK
26. Pengisian KITAS/passport untuk GTK bukan WNI apakah wajib diisi?
Ya, wajib. Untuk mengetahui izin kerja dan tanggal beralku izin kerja WNA di Indonesia
27. Apa dampaknya jika tidak diisi ?
Dapodik sekolah tidak bisa melakukan sinkronisasi karena bersifat mandatory, invalid/ mencegah sinkronisasi jika tidak diisi
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR DAN KESEJAHTERAAN PADA MENU PESERTA DIDIK
28. Pengisian KITAS untuk Peserta didik bukan WNI apakah wajib diisi?
Untuk peserta didik bersifat warning
29. Apa dampaknya jika KITAS tidak diisi ?
Masih dapat melakukan sinkronisasi
INTEGRASI HASIL OUTPUT PPDB UNTUK SISWA BARU KE DALAM DATABASE DAPODIK
30. Apa yang dimaksud dengan integrasi output PPDB ke dapodik ?
sebagai upaya percepatan dan optimasi output/ hasil PPDB yang ada di daerah dapat di masukkan ke dalam database dapodik pusat secara otomatis.
31. Apa manfaatnya integrasi PPDB ke dapodik?
Mempercepat proses penginputan data khusus nya data siswa baru, meningkatkan mutu data keberlanjutan siswa yang lulus dan melanjutkan ke jenjang diatasnya, dan meningkatkan efektivitas pekerjaan dalam lingkup data pendidikan antara proses PPDB dan Dapodik
32. Bagimana caranya integrasi PPDB ke dalam dapodik ?
Difasilitasi oleh dinas pendidikan setempat,
33. Apa dampaknya hasil integrasi PPDB ke dapodik ?
Data siswa baru dari PPDB akan muncul di aplikasi dapodik per sekolahan secara otomatis tanpa menarik satu - persatu lagi siswa baru dari sekolah asalnya.
KELULUSAN BERSAMA SISWA TINGKAT AHIR, 6, 9, 12 DAN 13
34. Apa yang di maksud dengan bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13?
Siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan status lulus di catat per tanggal 1 Juni 2019. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pendataan
35. Jika ada siswa tidak lulus sekolah, apa yang harus dilakukan ?
lapor ke admin dinas pendidikan untuk dilakukan pembatalan siswa keluar ,kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut. Selanjutnya
36. Bagaimana cara menambah/ menarik siswa baru ke dalam aplikasi dapodik?
dengan menggunakan web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Proses dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.
37. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK, untuk apa?
hal ini untuk menjaga konsistensi keterisian data tersebut. Karena yang mengeluarkan SK
pengangkatan adalah dinas pendidikan setempat.
38. Bagaimana jika ada kesalahan isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK?
Hubungi admin dapodik di dinas pendidikan setempat, data yang terkunci hanya dapat diperbaiki
oleh admin dinas pendidikan
PENAMBAHAN TABEL KESEJAHTERAAN_PD DAN MIGRASI DATA KIP, KPS, PKH
39. Kenapa Data No KIP, KPS, dll tidak muncul lagi di tabel peserta didik,?
Sebab Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel kesejahteraan peserta didik
40. Jika ada data nomor yang baru, apa yang harus dilakukan di aplikasi dapodik ?
Buka tabel kesejahteraan peserta didik, lalu inputkan nomor kartu di tabel tersebut.
PENAMBAHAN REFERENSI MATA PELAJARAN INFORMATIKA DAN PENENTUAN SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PELAJARAN TERSEBUT
41. Apa dasar sekolah yang menyelenggarakan mapel Informatika?
Sekolah yang bisa menyelenggarakan mapel informatika pada rombongan belajar adalah sekolah yang terdaftar pada Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Kemendikbud No. 005/P/2019.
42. Bagaimana pembagian jam informatika dengan mapel prakarya untuk SMP?
Jika dalam 1 rombel terdapat guru yang mengampu mata pelajaran Informatika maka mapel prakarya tidak bisa diampu oleh guru yang lain di rombongan belajar yang sama
43. Di rombel apa informatika diajarkan untuk jenjang SMA?
Untuk mata pelajaran Informatika pada jenjang SMA pengentriannya pada rombongan belajar
Lintas Minat
44. Mapel informatika akan linear dengan PTK sertifikasi apa?
Mata pelajaran Informatika linier dengan guru yang bersertifikasi TIK
45. Pada jenjang SMK, pemilihan jurusan/ kompetensi yang dilayani dalam menu sekolah terdapat bisnis proses yang berbeda, apa itu?
Pemilihan jurusan/kompetensi yang dilayani oleh sekolah sekarang dilakukan melalui Manajemen
Dapodikdasmen oleh Admin Dinas Provinsi
46. Jika SMK ingin membuka jurusan/ kompetensi baru, yang semester sebelumnya tidak ada, apa yang harus dilakukan ?
penambahan jurusan/kompetensi baru pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dilakukan melalui manajemen dinas oleh Admin Dapodikdasmen provinsi
47. Jika kompetensi/jurusan SMK sudah pernah dibuka tahun sebelumnya, apakah perlu ke dinas pendidikan provinsi lagi?
jika SMK sudah pernah membuka jurusan sebelumnya maka tidak perlu lapor ke dinas pendidikan
48. Jika ada kompetensi/jurusan dari tahun sebelumnya akan ditutup, apakah perlu lapor kedinas pendidikan ?
Penutupan jurusan/kompetensi dilakukan melalui Aplikasi Dapodikdasmen oleh sekolah (dengan
cara tidak perlu memilih jurusan tersebut di pembelajaran rombel)
49. Jika ada pendirian SMK baru, bagaimana cara pengisian jurusan/kompetensi keahlian terkait bisnis proses yang baru ini?
Untuk pemilihan jurusan/kompetensi bagi sekolah SMK yang baru berdiri dilakukan melalui Admin
Dinas pada Manajemen dapdoikdasmen. Dengan kata lain, sekolah SMK baru harus menambahkan jurusan/kompetensi, PTK baru dan siswa di dinas pendidikan sebelum melakukan registrasi/prefill di apliaksi dapodik sekolah.
Demikianlah beberapa jenis pertanyaan dan solusi seputar aplikasi dapodikdasmen versi 2020, semoga dengan di bagikannya postingan ini dapat membantu para operator dapodik sekolah yang sedang mengahadapi kendala dalam melakukan pengerjaan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Semoga bagi anda yang mengalami masalah yang ada hubungannya dengan tanya jawab yang telah saya berikan pada postingan kali ini dapat membantu anda mendapatkan jalan keluarnya sehingga pekerjaan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 dapat berjalan dengan baik , sehingga sekolah anda dapat mengahsilkan proses pengisian data yang akurat dan benar pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
0 Response to "49 Masalah Dan Solusi Dapodik Versi 2020"
Post a Comment