PENGANTAR DAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Bismillahhirrohmannirohiim�segela puji hanya milik Allah SWT yang tak henti-hentinya memberikan nikmat sehat kepada kita semua, sehingga kita semua masih di berikan kesempatan untuk menjalankan kehidupan kita sehari-hari. Sholawat serta salam senantiasa kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta para sahabatnya hingga akhir zaman.
Kita tahu bahwa pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. Seperti pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Dalam hal ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU mencoba berbagi kembali file-file seputar dunia pendidikan dan kali ini akan membahas tentang pengantar dan pendekatan saintifik pembelajaran.
Dalam Strategi pembelajaran sendiri merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang dapat digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. seperti pembelajaran kontekstual. Adapun untuk model pembelajaran sendiri merupakan kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memailiki nama, ciri, urutan logis/sintak, pengaturan, dan budaya misalnya discovery learning, project-based learning, problem-based learning, inquiry learning.
Kaidah-kaidah dalam pembelajaran ilmiah sendiri bisa berbasis fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata. Sedangkan dalam penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis dan mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.
Kita bisa mendorong dan menginspirasi siswa berpikir: hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran, memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran, dan juga berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan, yang bertujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya, proses pembelajaran sendir harus terhindar dari sifat-sifat/nilai-nilai nonilmiah.
Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik sendiri meliputi :
1. Mengamati
2. Menanya
3. Mengumpulkan Informasi/Mencoba
4. Menalar/Mengasosiasi
5. Mengkomunikasikan
Proses pembelajaran dan penilaian dalam peserta didik sendiri merupakan jaring-jaring kognisi berbeda maka keadaan siswa dari beberapa komponen akan berbeda seperti penggambaran makna berikut :
1. Gaya Belajar Siswa
2. Kecerdasan dan bakat siswa (Bahan/Zat dalam Botol)
3. Kesiapan (Keadaan tutup Botol)
4. Pengetahuan awal siswa (Isi Botol)
Untuk lebih jelasnya tentang pengantar dan pendekatan saintifik sendiri silahkan bagi yang sedang membutuhkan file tersebut bisa di download pada link di bawah ini semoga bisa bermanfaat. Aamiinn
0 Response to "PENGANTAR DAN PENDEKATAN SAINTIFIK"
Post a Comment