Download Kisi-Kisi USBN Seni Budaya (Rupa) SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim belajar pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para peserta didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menyelesaikan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, agar proses belajar yang kita lakukan dapat lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN Seni Budaya (Rupa) SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

A. TEORI
Level Kognitif 
Lingkup Materi : Gerak Tari; Pola Lantai; Komposisi.
Pengetahuan dan Pemahaman
  1. Mendefinisikan
  2. Menjelaskan
  3. Mendeskripsikan
  4. Menentukan
  5. Mengidentifikasi
  6. Mengklasifikasikan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
  • Gerak tari sesuai level dan pola Lantai
  • Gerak tari sesuai level sesuai iringan
  • Keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
  • Pola lantai dan unsur pendukung gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi.
  • Pola lantai, unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi.
  • Komposisi tari gaya modern.
  • Komposisi dan iringan tari gaya modern.
  • Komposisi tari gaya kontemporer.
  • Komposisi dan iringan tari gaya kontemporer.
Aplikasi
  1. Menemukan ide/gagasan
  2. Menginterprestasikan
  3. Mengekspresikan
  4. Menyusun
  5. Merancang
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
  • Gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
  • Gerak tari sesuai level dan pola Lantai
  • Gerak tari sesuai level dan pola Lantai sesuai iringan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Karya tari modern berdasarkan komposisi tari.
  • Karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari.
Penalaran
  1. Mengevaluasi
  2. Menanggapi
  3. Mengkritisi
  4. Menampilkan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Gerak tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan.
  • Gerak tari berdasarkan level, dan pola lantai sesuai iringan.
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Pola lantai sesuai dengan iringan menggunakan unsur pendukung tari.
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.
  • Karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.
B. PRAKTIK
Level Kognitif
Lingkup Materi : Gerak Tari Tari Tunggal/Berpasangan/ Kelompok
Imitasi/ Imitation
  • Meniru
Presisi
  • Mendemonstrasikan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Memperagakan gerak tari berdasarkan level, dan pola lantai sesuai iringan.
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • Menyajikan gerak tari tunggal/ berpasangan/kelompok tradisional/ kreasi gaya tradisional sesuai iringannya.
  • Menyajikan gerak tari tunggal/ berpasangan/kelompok modernl/ kontemporer sesuai iringannya.
Untuk mendapatkan kisi-kisi USBN Seni Budaya (Rupa) SMP/MTs K13 TP. 2018/2019 selengkapnya, silahkan bisa dilihat dan di unduh melalui tampilan preview berikut ini:



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi USBN Seni Budaya (Rupa) SMP/MTs K-13 Tahun Pelajaran 2018/2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Kisi-Kisi USBN Seni Budaya (Rupa) SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019"

Post a Comment