Download Kisi-Kisi USBN Seni Budaya (Musik) SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim belajar pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para peserta didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menyelesaikan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, agar proses belajar yang kita lakukan dapat lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN Seni Budaya (Musik) SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

A. TEORI
Level Kognitif 
Lingkup Materi : Teknik Vokal; Bentuk-Bentuk Penyajian Vokal; Teknik Dasar Bermain Instrumen Musik; Bentuk-Bentuk Penyajian Instrumen Musik.
Pengetahuan dan Pemahaman:
  1. Mendefinisikan
  2. Menjelaskan
  3. Mendeskripsikan
  4. Menentukan
  5. Mengidentifikasi
  6. Mengklasifikasikan
Peserta didik dapat memahami dan menguasai pengetahuan tentang:
  • konsep dasar bernyanyi satu suara
  • konsep dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih
  • teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
  • teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan dua suara atau lebih
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal maupun kelompok
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal
  • bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • bernyanyi lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • lagu degan pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • lagu dengan pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis dalam bentuk kelompok vokal
  • konsep dasar permainan alat musik sederhana
  • konsep dasar ansamble musik
  • teknik permainan salah satu alat musik tradisional
  • konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer
  • permainan alat musik sederhana secara perorangan
  • permainan ansamble musik
  • permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • permainan ala-talat musik tradisional secara berkelompok
  • pertunjukan musik populer
Aplikasi
  1. Menemukan ide dan gagasan
  2. Merancang/menyusun/mendesain
  3. Menginterprestasikan
  4. Mengekspresikan
  5. Mengkreasikan
  6. Merencanakan
Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:
  • teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
  • teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan dua suara atau lebih
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal maupun kelompok
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal
  • bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • bernyanyi lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • lagu degan pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • lagu dengan pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis dalam bentuk kelompok vokal
  • permainan alat musik sederhana
  • permainanan ansamble musik
  • teknik permainan salah satu alat musik tradisional
  • konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer
  • permainan alat musik sederhana secara perorangan
  • permainan ansamble musik
  • permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • permainan ala-talat musik tradisional secara berkelompok
  • pertunjukan musik populer 
Penalaran
  1. Membandingkan
  2. Menganalisis
  3. Mengevaluasi
  4. Mengkritisi
  5. Merumuskan
  6. Menyimpulkan
Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang:
  • teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
  • teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan dua suara atau lebih
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal maupun kelompok
  • bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • bernyanyi lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • teknik permainan salah satu alat musik tradisional
  • konsep, bentuk, dan ciriciri musik populer
  • permainan alat musik sederhana secara perorangan
  • permainan ansamble musik
  • permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • permainan ala-talat musik tradisional secara berkelompok
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal
  • lagu degan pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • lagu dengan pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis dalam bentuk kelompok vokal
  • pertunjukan musik populer
B. PRAKTIK
Level Psikomotor
LingkupMateri : Teknik Vokal Teknik Dasar; Bermain Instrumen Musik
Imitasi
  1. Menyalin
  2. Mengulangi
  3. Mengikuti
  4. Mencontoh
Peserta didik mampu menirukan:
  • lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
  • lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gayanya sesuai dialektika atau intonasi kedaerahan
  • lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • teknik bermain alat musik sederhana secara perorangan
  • teknik bermain ansamble musik sejenis dan campuran
  • teknik bermain salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • teknik bermain alat-alat musik tradisional secara berkelompok
Manipulasi
  1. Menerapkan
  2. Mengoperasikan
  3. Membangun
  4. Mencoba
Peserta didik mamput memanipulasi:
  • lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
  • lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gayanya
  • lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • teknik bermain alat musik sederhana secara perorangan
  • teknik bermain ansamble musik sejenis dan campuran
  • teknik bermain salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • teknik bermain alat-alat musik tradisional secara berkelompok
  • teknik bermain karya-karya musik populer dengan vokal dan atau alat musik secara individual
Presisi
  1. Menyelesaikan
  2. Memperbaiki
  3. Mengontrol
  4. Menyajikan
Peserta didik mampu menyajikan:
  • lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
  • lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gayanya sesuai dialektika atau intonasi kedaerahan
  • lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
  • permainan alat musik sederhana secara perorangan
  • permainan ansamble musik sejenis dan campuran
  • permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • permainan alat-alat musik tradisional secara berkelompok
  • permainan karya-karya musik populer dengan vokal dan atau alat musik secara individual
  • hasil pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis musik populer dalam bentuk ansambel
Artikulasi
  1. Memecahkan
  2. Mengintegrasikan
  3. Memodifikasi
  4. Merevisi
  5. Mengadaptasi
Peserta didik mampu mengartikulasi:
  • ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal
Peserta didik mampu mengartikulasi:
  • hasil pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis musik populer dalam bentuk ansambel
Naturalisasi
  1. Membangun
  2. Mengelola
  3. Mendesain
  4. Membuat
  5. Menentukan
Peserta didik mampu menaturalisasi:
  • ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal
  • ornamentasi ritmis maupun melodis musik populer dalam bentuk ansambel
Untuk mendapatkan Kisi-kisi USBN Seni Budaya (Musik) SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 selengkapnya, silahkan bisa di lihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:



Demikian ulasan tentang Kisi-Kisi USBN Seni Budaya (Musik) SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Kisi-Kisi USBN Seni Budaya (Musik) SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019"

Post a Comment