Download Kisi-Kisi PAT/UKK MATEMATIKA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.



Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT MATEMATIKA MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!

Kompetensi Dasar
  • 3.6   Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
  • 3.7  Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
  • 3.8  Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
  • 3.9  Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
  • 3.10  Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
  • 3.11  Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
Materi
  • Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras 
  • Menerapkan teorema Pytahgoras untuk menyelesaikan masalah
  • Menentukan jenis segitiga
  • Menemukan dan memeriksa tripel Pythagoras
  • Menentuka perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku sama kaki
  • Menentukan perbandingan sisi-sisi segitiga yang bersudut 30 O, 60 O, dan 90 O
  • Mengenal lingkaran
  • Menentukan hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling
  • Menentukan panjang busur dan luas juring
  • Menentukan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
  • Menentukan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
  • Menentukan luas permukaan kubus dan balok
  • Menentukan luas permukaan prisma
  • Menentukan luas permukaan limas
  • Menentukan volume kubus dan balok
  • Menentukan volume prisma
  • Menentukan volume limas
  • Menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar gabungan
  • Menganalisis data dan distribusi data yang diketahui
  • Menentukan rata-rata (mean) dari suatu data
  • Menentukan median dan modus dari suatu data
  • Menentukan penyebaran suatu data
  • Peluang empirik
  • Peluang teoritik
Indikator Soal
  • Peserta didik dapat menentukan panjang hipotenusa segitiga siku-siku, jika panjang sisi siku-sikunya diketahui
  • Disajikan gambar segitiga siku-siku, peserta didik dapat menentukan panjang sisi siku-siku, jika diketahui panjang sisi siku-siku lainya dan hipotenusa dari segi tiga siku-siku tersebut.
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah dengan menerapkan teorema pythagoras pada soal cerita
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah dengan menerapkan teorema pythagoras pada soal cerita
  • Diketahui panjang ketiga sisi dari sebuah segitiga, peserta didik dapat menentukan jenis segitiga tersebut
  • Peserta didik dapat menentukan  pasangan tripel Phytagoras dari pilihan jawaban yang diberikan.
  • Disajikan gambar segitiga sama kaki, peserta didik dapat menentukan panjang hipotenusa jika panjang salah satu sisi siku-sikunya dan salah satu besar sudutnya 45 O diketahui
  • Disajikan gambar segitiga siku-siku yang salah satu besar sudutnya 30 O, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi siku-sikunya, jika panjang hipotenusa diketahui.
  • Disajikan beberapa pernyataan yang berkaitan hubungan atar unsur lingkaran, peserta didik dapat menentuka pernyaan yang tidak tepat/salah
  • Disajikan gambar lingkaran dan besar sudut kelilingnya, peserta didik dapat menentukan besar sudut pusat lingkaran yang menghadap busur yang sama
  • Diketahui suatu lingkaran yang sudut pusatnya dibagi menjadi tiga bagian dengan perbandingan tertentu, peserta didik dapat menentukan besar masing-masing sudut pusat tersebut
  • Peserta didik dapat menentukan panjang busur lingkaran, jika diketahui besar sudut pusatnya dan jari-jari lingkaran tersebut.
  • Peserta didik dapat menentukan luas juring lingkaran jika diketahui besar sudut pusat dan jari-jari lingkaran tersebut.
  • Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran luar dua buah lingkaran, jika diketahui jarak antar pusat dan panjang jari-jari kedua lingkaran tersebut.
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah soal cerita yang berkaitan dengan menentukan panjang garis singgung lingkaran luar dua buah lingkaran
  • Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua buah lingkaran jika jarak antar pusat dan panjang jari-jari kedua lingkaran tersebut diketahui
  • Peserta didik dapat menentukan jarak antar pusat dua buah lingkaran jika diketahui panjang garis singgung persekutuan dalam, dan panjang jari-jari kedua lingkaran tersebut.
  • Peserta didik dapat menentukan luas permukaan kubus, jika diketahui panjang sisi kubus tersebut
  • Peserta didik dapat menentukan panjang balok, jika diketahui luas permukaan, lebar dan tingi balok tersebut.
  • Peserta didik dapat menentukan luas permukaan prisma tegak segitiga siku-siku, jika diketahui ukuran sisi siku-siku alas dan tinggi prisma tersebut
  • Peserta didik dapat menentukan luas permukaan limas yang berbentuk persegi, jika diketahui panjang sisi alas dan tinggi bidang tegaknya
  • Peserta didik dapat menentukan volume kubus, jika diketahui luas alasnya
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita, yang berkaitan dengan volume balok
  • Peserta didik dapat menentukan volume prisma tegak yang alasnya berbentuk belah ketupat, jika diketahui panjang diagonal-diagonal alasnya dan tinggi prisma tersebut.
  • Peserta didik dapat menentukan tinggi prisma segitiga siku-siku, jika diketahui panjang sisi miring, salah satu sisi dari alasnya dan volume prisma diketahui
  • Peserta didik dapat menentukan luas alas limas, jika diketahui volume dan tinggi limas tersebut
  • Disajikan bangun ruang gabungan kubus yang ditumpuk limas yang alasnya berbentuk persegi (sisi kubus), peserta didik dapat menghitung luas permukaan bangun tersebut jika diketahui ukuran sisi kubus dan tinggi bidang tegak limas
  • Disajikan grafik (diagram garis) sajian data panggunaan bahan bakar terhadap waktu pada perjalanan sebuah mobil dari suatu kota ke kota lainnya.Peserta didik dapat menghitung banyaknya bahan bakar yang dihabiskan untuk menempuh jarak kedua kota tersebut
  • Peserta didik dapat menentukan mean dari data yang diberikan
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah soal cerita yang berkaitan dengan rata-rata
  • Peserta didik dapat menentukan median dan modus dari suatu data yang disajikan dalam bentuk tabel
  • Disajikan suatu data, peserta didik dapat menentukan jangkauan interkuartil
  • Disajikan tabel dari hasil pelemparan dadu sebanyak tertentu, peserta didik dapat menentukan frekuensi relatif dari munculnya mata dadu tertentu
  • Peserta didik dapat menentukan peluang empirik pada kemunculan mata koin gambar pada pelemparan sebuah koin sebanyak n kali, jika mata koin angka muncul sebanyak tertentu.
  • Peserta didik dapat menentukan peluang munculnya mata dadu bilangan prima pada pelemparan sebuah dadu sebanyak satu kali
Untuk mendapatkan file Kisi-Kisi PAT MATEMATIKA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019, Silahkan bisa mengunduhnya melalui tampilan preview di bawah atau bisa juga klik DISINI.



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi PAT MATEMATIKA MTs Kelas 8 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Kisi-Kisi PAT/UKK MATEMATIKA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019"

Post a Comment