Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar

Websiteedukasi.com - Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Panduan atau Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar disusun agar menjadi pedoman bagi pendidik dan peserta didik dalam memanfaatkan berbagai fitur pada portal Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar merupakan pembelajaran berbasis TIK.

Pembelajaran berbasis TIK adalah kegiatan atau proses pembelajaran yang sebagian atau seluruhnya dilaksanakan dengan memanfaatkan atau mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Proses pembelajaran ini dapat dijalankan apabila pendidik mempunyai kompetensi TIK dan dapat memanfaatkan TIK sebagai sarana pembelajaran.


Fitur-fitur pada portal Rumah Belajar adalah peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, orangtua, dan/atau pihak-pihak terkait dengan kegiatan pembelajaran di sekolah serta semua pengguna Rumah Belajar.

Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat url  http://belajar.kemdikbud.go.id. Portal Rumah Belajar menyediakan
berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Fitur utama Rumah Belajar antara lain:
(1) Sumber Belajar;
(2) Buku Sekolah Elektronik (BSE);
(3) Bank Soal;
(4) Laboratorium Maya;
(5) Peta Budaya;
(6) Wahana Jelajah Angkasa;
(7) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; dan
(8) Kelas Maya.

Selain fitur utama pada Portal Rumah Belajar, ada pula beberapa fitur pendukung, yaitu:
(1) Karya Komunitas;
(2) Karya Pendidik; dan
(3) Karya Bahasa dan Sastra.

Konten-konten dan media pembelajaran yang tersedia di Rumah Belajar tersebut dapat dimanfaatkan
oleh pendidik, peserta didik, dan masyarakat dalam belajar. Masing-masing fitur dalam portal Rumah Belajar memiliki karakteristik yang berbeda sehingga pola pemanfaatan tiap fitur pun dapat berbeda.

Bagi anda yang ingin bisa akses ke Portal Rumah Belajar Kemdikbud bisa melalui Petunjuk Teknis - Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar yang bisa anda download melalui tautan link yang saya sematkan dibawah ini:

Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar.pdf, Unduh

Demikianlah Pedoman / Panduan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemdikbud, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar"

Post a Comment